Faq PMB
By. Sekretaris Universitas
By. Sekretaris Universitas
UNIVERSITAS SAINTEK MUHAMMADIYAH
UNGGUL ♦ SINERGI ♦ MADANI
Pertanyaan Yang Sering Diajukan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 2025 / 2026
Apa yang membedakan Saintekmu dengan kampus lainnya ?
Membangun mahasiswa unggul dalam pengembangan karakter etika/moral, skill IT dan akademik sesuai dengan motto yang disandang, "Membangun Spiritualitas Teknologi, Mewujudkan Informasi Islami", dan juga lulusan kami bentuk menjadi:
Untuk Prodi SI kompetensi yang kami bangun yaitu system analist yang handal; dan
Untuk Prodi TI kompetensi yang kami bangun yaitu software engineering yang handal.
Bagaimana pilihan waktu kuliahnya ?
Kelas regular pagi, perkuliahan Senin s/d Jumat, pada pagi hingga menjelang sore
Kelas regular malam, perkuliahan Senin s/d Jumat, dimulai setelah sholat maghrib hingga jam 22:00 (paling lama)
Kelas ekstensi, dilaksanakan di hari jumat dimulai setelah sholat magrib hingga jam 22:00 (paling lama) dan hari Sabtu mulai jam 08:00 s/d jam 22:00 (paling lama)
Dimana lokasi kampusnya beserta pilihan kelasnya ?
Kampus Ciracas : Jl. Kelapa Dua Wetan No. 17, Ciracas, Jakarta Timur, Telp. (021) 87717489, 87717490. Gmaps https://goo.gl/maps/8BgKXt99buicKQeUA
Bagaimana Cara kekampus utama menggunakan angkutan umum?
Menggunkan KRL : Turun di stasiun tanjung barat. Dari stasiun tanjung barat menyebrang lewat Jembatan penyeberangan terus naik angkot T19 turun di jalan baru, setelah turun di jalan baru menyebrang lalu naik angkot T03 bilang ke supir angkot "kelapa dua wetan".
Menggunakan Transjakarta : Turun di halte busway tanah merdeka, setelah turun di halte busway tanah merdeka menyebrang jalan lalu naik angkot T03 didepan Indomaret.
Menggunakan Transjakarta dari terminal Kampung Rambutan : Turun di terminal Kampung Rambutan, kemudian naik Jaklingko (JAK-98) jurusan Kampung Rambutan - Munjul turun di Bus Stop dekat kampus.
Menggunakan Jaklingko 36 dari Cililitan atau Halte Pasar Kramat Jati: Dari Pusat Grosir Cililitan (PGC) naik mikrotrans jurusan Cililitan-Cilangkap (36), turun di pertigaan McD Cipayung, kemudian jalan kaki memuju kampus.
Menggunakan Angkot KWK 02 dari Cililitan atau Halte Pasar Kramat Jati: Dari Pusat Grosir Cililitan (PGC) naik angkaot KWK 02 jurusan Cililitan-Cilangkap, turun di pertigaan McD Cipayung, kemudian jalan kaki memuju kampus.
Bagaimana dengan gelar sarjananya setelah lulus ?
Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Nomor 57/M/KPT/2019 Tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi, yaitu:
Prodi S1 Sistem Informasi - S.Kom. (sarjana komputer)
Prodi S1 Teknik Informatika - S.Kom. (sarjana komputer)
Prodi S1 Sains Data - S.Si.D. (sarjana sains data)
Prodi S1 Kewirausahaan -S.Bns. (sarjana bisnis)
Prodi S1 Sains Komunikasi - S.I.Kom. (sarjana ilmu komunikasi)
Prodi S1 Film dan Televisi - S.Sn. (sarjana seni)
Bagaimana dengan profil Prodinya ?
Bagaimana alur PMB Mahasiswa Baru ?
Mengisi formulir minat kuliah di kampus Saintekmu, di s.id/minatsaintekmu
Beli formulir PMB sebesar Rp. 200.000,- dengan cara transfer ke Bank DKI Syariah Norek. (724) 71209000494 a.n. Universitas Saintek Muhammadiyah.
Bila sudah membayar formulir PMB, konfirmasi pembayaran ke No HP Marketing Saintekmu di nomor 08595343421134
Pendaftar menerima tautan formulir PMB online
Pendaftar mengisi dengan lengkap formulir PMB online
Lampirkan dan lengkapi persyaratan dokumen sebagaimana formulir PMB.
Serahkan ke petugas pendaftaran pada Kampus utama, atau Matraman, yaitu :
Formulir PMB yang telah terisi lengkap,
1 lembar fotocopy kartu keluarga (KK)
1 lembar fotocopy akte kelahiran
5 lembar pas photo ukuran 2X3 background merah
5 lembar pas photo ukuran 3X4 background merah
1 lembar fotocopy ijazah SMU/sederajat yang telah dilegalisir
1 lembar fotocopy KTP
Fotocopy bukti bayar daftar ulang pendaftaran.
Pada formulir PMB jangan lupa tuliskan ukuran jas almamater, pada pojok kanan atas.
Bagaimana alur PMB Mahasiswa Pindahan ?
Bagaimana apabila ada dokumen persyaratan PMB yang masih kurang, namun Saya butuh waktu untuk melengkapinya ?
Bisa mengisi formulir "pernyataan kekurangan dokumen" di https://drive.google.com/file/d/1TKtFAwhzA6DqafR_H8frFvB03jj-T_aP/view?usp=drive_link
Kapan waktu terakhir PMB ?
PMB ditutup pada 30 Agustus 2026
Kapan perkuliahan dimulai ?
Perkuliahan ganjil 2026 /2024
Propam (Program pengenalan almamater dan Muhammadiyah) 1-2 Oktober 2026
Perkuliahan dimulai tanggal 3 Oktober 2026
Berapa lama kuliah ?
Untuk mahasiswa baru, berdasarkan mata kuliah yang diambil tiap semesternya atau dalam arti tepat waktu, yaitu perkiraan selama 8 semester atau 4 tahun.
Untuk mahasiswa pindahan, yang prodinya linear perkiraan selama 1,5 s/d 2 tahun.
Untuk mahasiswa pindahan, yang prodinya tidak linear perkiraan selama 2 s/d 3 tahun.
Apabila saya telah selesai mendaftar (mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan (point 8 diatas) serta membayar biaya daftar ulang kemudian saya berubah pikiran untuk membatalkan PMB di Saintekmu, apakah uang daftar ulang tersebut dikembalikan 100% kepada saya ?
Uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan 50% kepada pendaftar, maksimal klaim di hari terakhir pendaftaran
Apakah Program Studi di Saintekmu ter-akreditasi ?
Ya terakreditasi
Prodi Sains Data
Prodi Sains Komunikasi
Prodi Kewirausahaan
Prodi Film Dan Televisi
Apakah ada beasiswa di Saintekmu ? Ada, yaitu :
Beasiswa Persyarikatan, 30% biaya SPP bulanan, syarat dokumen: Rekomendasi dari Muhammadiyah/ Aisyiyah dan/ atau amal usaha Muhammadiyah/ Aisyiyah.
Beasiswa Hafidz, yaitu :
Hafal Al Quran 30 juz = 100% SPP dan Gedung
Hafal Al Quran 20 juz = 80% SPP dan Gedung
Hafal Al Quran 10 juz = 50% SPP
syarat dokumen: Rekomendasi dari LP3-AIK Saintekmu atas hasil tes ujian hafalan Al-Quran.
Beasiswa Prestasi Akademik, 50% biaya SPP bulanan hanya di tahun pertama + free pendaftaran PMB. Syarat dokumen: Salinan ijazah SMU/ sederajat, dimana nilai minimal 7 untuk masing-masing mata pelajaran.
Beasiswa Prestasi Non Akademik, 50% biaya SPP bulanan hanya di tahun pertama + free pendaftaran PMB. Syarat dokumen:
Membawa dan memperlihatkan bukti kejuaraan kompetisi (catatan: medali dan piala bukan bukti)
Minimal juara ketiga kompetisi tingkat Provinsi, atau minimal juara harapan kompetisi tingkat nasional
Beasiswa keluarga dhuafa, 50% biaya SPP bulanan. Syarat dokumen: surat keterangan tidak mampu, yang diterbitkan oleh Kelurahan.
Beasiswa Kerjasama, besaran beasiswa sesuai kesepakatan kerjasama. Syarat dokumen: surat perjanjian dan/ atau surat pernyataan
Beasiswa Anak Pegawai, besaran beasiswa sesuai Peraturan/ Keputusan Rektor. yarat dokumen: dokumen kependudukan
Beasiswa bersumber dari Pemerintah dan lainnya, besaran beasiswa sesuai kebijakan Pemerintah dan/ atau pemberi beasiswa. Syarat dokumen: Sesuai Peraturan Perundang-undangan dan/ atau pemberi beasiswa
Catatan: Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa kelas regular pagi.
Saya berminat, apakah ada nomor yang bisa Saya hubungi ?
Kakak dapat segera menghubungi bagian pendaftaran di nomor 08595343421134